Kamis, 05 Juni 2014

PENGALAMAN MAGANG DI HUMAS BANK INDONESIA



                Magang di Bank Indonesia (BI) merupakan pengalaman berharga untuk saya. Melihat besarnya minat berjuta-juta mahasiswa Indonesia yang ingin magang di BI membuat saya tergelitik untuk berbagi pengalaman selama magang di Bank Indonesia. Karena sudah banyak cerita pengalaman magang di Bank Indonesia yang beredar di internet, jadi saya putuskan membuat tulisan ini dari sudut pandang lain dari seorang anak magang. So let’s start!

            Saat magang, saya bergabung dengan Departemen Komunikasi Bank Indonesia. Departemen komunikasi BI atau biasa dikenal dengan nama D.Kom adalah departemen yang bertugas membantu Bank Indonesia menyebarkan informasi ke masyarakat luas. D.Kom berlokasi di gedung Thamrin Bank Indonesia dan lebih beruntung lagi gosip yang beredar kami satu gedung dengan gubernur Bank Indonesia. D.Kom biasa menjadi lahan belajar anak-anak jurusan komunikasi.



sumber: google.com


            Hal menarik yang saya temukan pertama kali adalah stereotype pegawai BI yang sebelumnya saya pikir kaku tidak ditemukan disana. Yeah, anggota D.Kom seru banget. Mereka mau berbaur dengan anak magang sehingga suasana jadi menyenangkan. Direktur divisi-divisinya juga baik dan perhatian banget. Direktur favorit saya saat itu adalah Pak Edhie dari divisi media yang juga menjadi tempat saya magang. Beliau sangat kebapak-an dan masuk dalam contoh kriteria husband material-able. Banyak lho anak magang yang nge-fans (dalam arti positif) dengan beliau.

            Pengalaman menarik berikutnya adalah ketika diikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan BI. Karena masuk di bagian komunikasi otomatis bidang kerja saya adalah menghadapi publik dari eksternal maupun internal dan karena tergabung dalam divisi media jadi ada pepatah ngaco mengatakan “Dimana ada wartawan, disitu ada saya”. Menghadapi wartawan jadi pengalaman yang heboh plus norak buat mahasiswa seperti saya yang cuma pernah melihat kegiatan liputan dari televisi. Heboh karena baru ngeliat ‘aktif’-nya wartawan saat nyari berita. Satu pengalaman yang bikin saya melongo adalah saat dapet tugas membagikan press release ke wartawan saat ada satu acara pemberian penghargaan di BI. Saat itu pembimbing saya menyuruh saya duduk di tempat khusus wartawan, jadi otomatis depan belakang kanan kiri saya semua wartawan. Sebelum acara selesai salah satu team media memberikan bundelan kertas dengan pesan “Jangan dikasih liat sebelum selesai acara nanti pada rebutan” dan karena kepolosan saya dengan tanpa rasa bersalahnya membaca bundelan kertas itu dengan posisi masih di tempat duduk sekitar wartawan. Dan hasilnya bener aja dong ketika acara selesai saya langsung dikerubutin wartawan bak artis yang baru terlibat kasus kontrovesial. Saya berusaha sekuat tenaga mempertahankan kertas itu untuk dibagikan secara elegant tapi apa daya kekuatan para wartawan ini melebihi kekuatan ibu-ibu ketemu tulisan diskon 70 persen.

            Last but not least adalah saat terlibat dalam kegiatan BI lain seperti public visit, rapat dengan media, acara lauching, rapat ngoran dan yang paling asik saat ikut talkshow ke media. Ini salah satu kegiatan penuh pelajaran buat saya karena bisa bertemu dengan pegawai-pegawai kelas kakap BI langsung. Bayangkan ketemu kepala departemen ini kepala departemen itu,  bahkan mereka ngga sungkan melontarkan candaan-candaan ke anak magang untuk mencairkan suasana (FYI karena silent is gold dan ‘label’ mereka kepala ini itu daripada membuka obrolan jadi saya memilih diam selama perjalanan ke media). Ohiya kalo dewi fortuna menghampiri, kita bisa ngeliat dari deket gubernur Bank Indonesia bpk. Agus Martowardoyo yang aslinya guanteng banget dan berwibawa banget apalagi pas pidato. Jarak terdekat saya adalah 2-3 meter!
 
            Demikian pengalaman magang saya yang penuh pelajaran dan menyenangkan di Bank Indonesia. Rasanya sedih saat masa magang berakhir dan harus kembali ke realita sebagai anak kampus. Sempet kepikiran untuk memperpanjang masa magang tapi semuanya hilang saat skripsi sudah memanggil. Tips buat yang ingin mencoba magang di Bank Indonesia dari saya, yaitu …

  • Aktif menjalin komunikasi dengan Ibu Tita. Beliau yang biasanya mengurus anak magang.
  • Sebelum perang ada baiknya kita kenali medan perang dulu. Jadi googling sebanyak-banyaknya pengalaman magang di Bank Indonesia, supaya kita punya gambaran mengenai ‘lapangan’ sebelum magang.
  • Untuk berjaga-jaga saat introducing ditanya segala hal yang kita ketahui tentang BI, ada baiknya untuk sering-sering mampir ke website BI. Minimal kita tahu profil singkat, tugas dan tujuan lembaga.
  • Tampilkan kelebihan dengan membuat karya saat magang. Misalnya kamu yang memiliki kelebihan lain seperti design, jangan malu untuk menawarkan bantuan mendesain banner untuk kegiatan BI. Ada pride tersendiri jika nantinya karya kita digunakan dan bisa jadi nilai plus untuk CV.
  • Jangan malu berbaur dengan pegawainya, tapi harus tetap ingat etika. Tambah teman sebanyak-banyaknya siapa tahu nanti bisa bertemu kembali dalam status yang berbeda (Mari semua katakan AAAAMIN).

Selamat mencoba!!!

16 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Oiya mbak syarat internship di bagian humas apa saja ya mbak? Lalu berkas apa saja yg hrs di siapkan? Kalao anak komunikasi semester 5 memungkinkan mba? Thanks :)

    BalasHapus
  3. Halo, syaratnya seperti magang lainnya, surat pengantar dan proposal. Minimal semester 6 untuk dapat magang di dkom.

    BalasHapus
  4. kalo jurusan bahasa inggris bisa gak ya magang di BI?
    mohon pencerahannya mbak :)

    BalasHapus
  5. Kak, aku dr jurusan komunikasi jugak ka ..
    Aku minat magang di BI kak..
    Aku boleh minta softcopy proposalnya gk kak?
    Klo boleh, kirimin ke nasihulibat@gmail.com
    Mkasih bnyak kak..

    BalasHapus
  6. salam kenal ka, wah seru bgt pengalaman magang di BI. Kebetulan aku juga mau magang di BI, Ka blh kirimin cover letter BI, CV, sama internship proposal ga? kirimin ke email aku ya ka, arienatawijaya@yahoo.co.id
    Makasih ka sebelumnya :)

    BalasHapus
  7. kalo diploma semester 4 busa magang d BI nggak mba ?
    boleh minta kirimin cover letter,CV, dan internsihp nya juga mba ? ini email aku ya mba rizkika642@gmail.com

    BalasHapus
  8. Aku minat magang di BI kak..
    Aku boleh minta softcopy proposalnya gk kak?
    Klo boleh, kirimin ke indahabudiman@gmail.com

    BalasHapus
  9. Kak mnta softcopy proposalnya dong. Kirim ke ainurizaqputriariasanti@gmail.com mkasih banyak kak

    BalasHapus
  10. hello kak suatu kebanggaan membaca blog yang inspiring ini, kalau berkenan bisakah saya dikirimkan softcopy proposalnya kak ke lukmanardi31@gmail.com previously i say thank you so much

    BalasHapus
  11. Waaah ceritanya seru banget. Aku rencana magang di Bank Indonesia. Bolehkah sharing proposal magang di estetikabethary@gmail.com

    BalasHapus
  12. Ka mau juga yah propoal magangnya, sharing2 yah ka ke nadyadwintaa@gmail.com

    BalasHapus
  13. Kak Brigitha kalau inget aku yang kontak di FB setahun lalu dan finally jadi juga magang di BI Pusat. Anyway thankyou kak semua bermula dari blog ini dan aku juga udah nulis di Blog aku ttg magang BI ini.. Kalau ga sibuk mampir ya kak :

    http://dignamargareth.blogspot.com/2016/02/magang-bank-indonesia-departemen.html .

    GBU!

    BalasHapus
  14. Haloo... boleh minta emailnya gak? Sy juga bakal magang di dkom, pengen nanya info nih..

    BalasHapus
  15. Haloo... boleh minta emailnya gak? Sy juga bakal magang di dkom, pengen nanya info nih..

    BalasHapus
  16. Halo semua terimakasih untuk apresiasinya ke tulisan pengalaman magangku di Humas Bank Indonesia, magang ini aku lakuin di 2014 tapi sampe sekarang which is udah 3 tahun masih ada yg contact aku untuk tanya2.
    Aku sangat mengapresiasi keinginan magang kalian, & bersedia banget sharing kalo mau tanya2. Tapi aku udah lama ngga buka blog, jadi kalo mau tanya2 & sharing seputar pengalaman magang di Bank Indonesia silahkan hubungi aku aja via socmed aku yg lain 😊 Kalian bisa search nama aku di google pasti nemu socmed aku 😊

    Thanks! Good luck!

    BalasHapus